Pengantar

Training Hygiene dan Sanitasi – Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk bertahan hidup disamping minuman. Oleh karenanya makanan harus dijaga kualitas atau mutu, keamanan dan nilai gizinya agar makanan menjadi bermanfaat dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan. Hygiene dan sanitasi merupakan pondasi awal bagi industri Catering, Restaurant dan Café untuk menghasilkan produk makanan yang aman di konsumsi. Penerapan hygiene dan sanitasi dilakukan untuk keseluruhan proses pengolahan makanan baik pada bahan baku yang digunakan, selama proses pengolahan, sampai pada proses penyajian termasuk didalamnya, karyawan dan lingkungan proses pengolahan makanan.

Higiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya seperti kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan. Sedangkan sanitasi adalah penciptaan atau pemeliharaan kondisi yang mampu mencegah terjadinya kontaminasi makanan atau terjadinya penyakit yang disebabkan oleh makanan. Sanitasi makanan adalah salah satu usaha pencegahan yang menitikberatkan kegiatan dan tindakan yang  perlu untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya yang dapat mengganggu atau merusak kesehatan, mulai dari sebelum makanan diproduksi, selama dalam proses pengolahan, penyimpanan, pengangkutan, sampai pada saat dimana makanan dan minuman tersebut siap untuk dikomsumsikan kepada masyarakat atau konsumen. Higiene dan sanitasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain karena erat kaitannya. Misalnya Higiene sudah baik karena mau mencuci tangan, tetapi sanitasinya tidak mendukung karena tidak cukup tersedianya air bersih, maka mencuci tangan tidak sempurna.

Aljabar Training & Consulting sebagai perusahaan konsultan yang salah satunya memberikan pelayanan jasa training (public dan In house) dan konsultasi setup serta pengembangan sistem manajemen, bermaksud menyelenggarakan Training Hygiene dan Sanitasi yang direkomendasikan untuk diikuti.

Tujuan Training

Bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan akan penanganan makanan secara benar, dimulai dari penanganan bahan baku sampai kepada pengolahan dan penyajiannya, untuk menjaga agar karyawan perusahaan terjaga dari bahaya yang ditimbulkan oleh makanan yang tersaji.

Materi Training

  • Pengenalan tentang Sistem Keamanan Pangan (Food Safety)
  • Peraturan di Indonesia terkait Food Sanitation and Hygiene
  • Peraturan Perundangan terkait Keamanan Pangan: UU Nomor 23/1992 tentang Kesehatan & Kepmenkes Nomor 715/Menkes/SK/V/2003 tentang Persyaratan Hygiene & Sanitasi Jasaboga
  • Dasar-Dasar Sanitasi Makanan (Principles of Food Sanitation)
  • Bahan Pencemar terhadap Makanan (Food Contaminants)
  • Mikrobiologi Pencemar Makanan
  • Penyakit Bawaan Makanan (Food Borne Diseases)
  • Sanitasi Lingkungan: Air, Sampah, dan Hama
  • Canteen Hygiene Policy: Prinsip Higiene & Sanitasi (Sanitasi Makanan & Minuman, Higiene Perorangan, Higiene Sanitasi Tempat Pengolahan Makanan (TPM), Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan
  • Supervisi Kantin (Canteen Supervision)
  • Sistem Keamanan Pangan – HACCP
  • Tata Cara Mendapatkan Sertifikat Layak Hygiene

Peserta Training

Peserta pelatihan adalah Manajer HRD, penanggung jawab HSE, general services, khususnya mereka yang terlibat dan bertanggungjawab atas pelayanan makanan karyawan perusahaan.

Metode

Disampaikan dengan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep teoritical, contoh aplikasi dan penerapan dan diskusi interaktif.

Instruktur Ahli

apt. Greesty Finotory Swandiny, M.Farm – Associated Trainer & Consultant di Aljabar Training and Consulting ini mempunyai latar belakang Magister Farmasi Obat Bahan Alam di Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila dan saat ini sedang menyelesaikan Program Doktoral Ilmu Farmasi. Beliau merupakan seorang praktisi di industri dan Internal Auditor yang sudah dijalani lebih dari 8 (delapan) tahun. Beberapa bidang atau pengalaman yang beliau tangani seperti: Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB), Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), Hygiene dan Sanitasi, GMP, Pest Contriol, Food Safety and Food Handling. Beliau pernah menjabat sebagai Apoteker Penanggung Jawab Teknis di PT FAST1 (Industri Obat Tradisional), Dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (sampai saat ini), Tim Sertifikasi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) di beberapa perusahaan. Adapun instansi atau perusahaan yang pernah ditangani dalam kerangka training, konsultasi dan bimbingan teknis yaitu PT Miang Besar Coal Terminal, PT Tirta Anugerah Mandiri, BBPOM Pekanbaru, PT Daxen Indonesia, PT Monarch Multi Industri, PT Unindo Ajidharma Industri, BBPOM Pekanbaru, PT St. Morita Farma, CV Mawar Cipta Mandiri, CV Yanaya Warehouse Indonesia, PT Sehat Baru, PT Sinkona Indonesia Lestari, CV Herbalindo Sumber Rejeki, PT Matahari Sakti, CV Android Indopest Control, PT Buildyet Indonesia, PT Niaz Emerald Apartment, PT Era Usaha Bersatu,  PT Addinussa Persada, CV Mentari Global Kosmetika, PT Tri Mea Via, PT Chandrayani Multikarya Abadi, PT  Samudra Estetika Perkasa, PT Kao Indonesia, PT Pillars Cosmetiklon Indonesia, PT Samudra Estetika Perkasa, PT Triszie Lab Indonesia, PT Sinkona Indonesia Lestari, PT Zulu Alpha Papa, PT Kurnia Elok, CV Asanka Wijaya, PT Permata Senytt Cosmetindo, PT Hasanah Fabina Sinergi, CV Nonabee Cosmetic, PT Super Home Product Indonesia, Klinik Gasanda, PT Bionatura Berkat Abadi, PT Javinci Berkat Kreatif Sentosa, PT Citra Ayu Kosmetik, PT Godiva Cantika Indonesia, PT Vio Indonesia Orecoproducts, CV Attamana Kosmetik Indonesia, PT Cantik Alami Sehat, PT Dewan Jaya Asia, PT Ecodermo Bio Medic, PT Estetika Sinergis Utama, PT Reckitt Benckiser Indonesia, PT Dian Cipta Mandiri, PT Holistik Indonesia Jaya, PT Harizah Kreatif Produksi, P.O. Sunny Atmadja, PT Super Home Product Indonesia, Klinik Gasanda, PT Bionatura Berkat Abadi, PT Javinci Berkat Kreatif Sentosa, CV Delta Megah Raya, CV Revandhika Laboratories, CV Kanaka Indoutama dan masih banyak lagi yang lainya.

Training Fee Offline (tidak termasuk akomodasi dan penginapan)

  • Rp4.300.000,-/peserta
  • Rp4.200.000,-/peserta (Pendaftaran minimal 3 orang/lebih)

Fasilitas Training Offline

Modul training yang berkualitas (hardcopy dan softcopy dalam flashdisk), jaket, training kit, tempat training yang nyaman di hotel, makan siang, coffee/tea break dan sertifikat.

Durasi Offline

2 hari (Efektif 14 jam 09.00-16.00)

Training Fee Online (menggunakan Zoom Meeting)

  • Rp1.800.000,-/peserta
  • Rp1.700.000,-/peserta (Pendaftaran minimal 3 orang/lebih)

Fasilitas Training Online

E-modul Training dan Sertifikat (hard-printed dan dikirimkan melalui jasa pengiriman)

Informasi dan Promo Menarik (Public, Inhouse dan Request Training)

⇒ 0852 1000 5065 (call & WA) ⇐

Jadwal Offline Training Hygiene dan Sanitasi Tahun 2024

  • 22-23 Februari 2024 Jakarta
  • 21-22 Maret 2024 Bandung
  • 25-26 April 2024 Bogor
  • 21-22 Mei 2024 Surabaya
  • 20-21 Juni 2024 Jakarta
  • 18-19 Juli 2024 Yogyakarta
  • 22-23 Agustus 2024 Bogor
  • 19-20 September 2024 Bandung
  • 17-18 Oktober 2024 Jakarta
  • 21-22 November 2024 Bandung
  • 19-20 Desember 2024 Yogyakarta

Jadwal Online Training Hygiene dan Sanitasi Tahun 2024

  • 28-29 Februari 2024 Online by Zoom Meeting
  • 27-28 Maret 2024 Online by Zoom Meeting
  • 29-30 April 2024 Online by Zoom Meeting
  • 30-31 Mei 2024 Online by Zoom Meeting
  • 27-28 Juni 2024 Online by Zoom Meeting
  • 25-26 Juli 2024 Online by Zoom Meeting
  • 29-30 Agustus 2024 Online by Zoom Meeting
  • 26-27 September 2024 Online by Zoom Meeting
  • 24-25 Oktober 2024 Online by Zoom Meeting
  • 28-29 November 2024 Online by Zoom Meeting
  • 12-13 Desember 2024 Online by Zoom Meeting

Referensi

  1. CV Boga Sarana Sekawan
  2. Healty Wagyu Meat Shop
  3. PT Cendana Indopearls
  4. Katering Dewi Sri

Tags: Jadwal Training Hygiene dan Sanitasi 2023, Training Hygiene dan Sanitasi,Pelatihan Hygiene dan Sanitasi, In House Training Hygiene dan Sanitasi, Training Hygiene dan Sanitasi Jakarta, Training Hygiene dan Sanitasi Surabaya, Training Hygiene dan Sanitasi Bandung, Training Hygiene dan Sanitasi Yogyakarta, Training Hygiene dan Sanitasi Bali, Training Hygiene dan Sanitasi Serpong, Training Hygiene dan Sanitasi Semarang, Training Hygiene dan Sanitasi Solo, Training Hygiene dan Sanitasi Malang, Training Hygiene dan Sanitasi Banda Aceh, Training Hygiene dan Sanitasi Pekanbaru, Training Hygiene dan Sanitasi Bandar Lampung, Training Hygiene dan Sanitasi Makssar, Training Hygiene dan Sanitasi Bogor, Training Hygiene dan Sanitasi Pontianak, Training Hygiene dan Sanitasi Bengkulu, Training Hygiene dan Sanitasi Balikpapan, Training Hygiene dan Sanitasi Manado, Training Hygiene dan Sanitasi Medan, Training Hygiene dan Sanitasi Sumatra Barat, Training Hygiene dan Sanitasi Kalimantan, Training Hygiene dan Sanitasi Sulawesi, Training Hygiene dan Sanitasi Papua Barat, Training Hygiene dan Sanitasi Karawang, Training Hygiene dan Sanitasi Bekasi, Training Hygiene dan Sanitasi Cikarang, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Jakarta, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Surabaya, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Bandung, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Yogyakarta, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Bali, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Serpong, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Semarang, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Solo, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Malang, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Banda Aceh, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Pekanbaru, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Bandar Lampung, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Makssar, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Bogor, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Pontianak, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Bengkulu, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Balikpapan, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Manado, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Medan, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Sumatra Barat, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Kalimantan, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Sulawesi, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Papua Barat, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Karawang, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Bekasi, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Cikarang, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Malang, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Sidoarjo, Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Mojokerto